Pengaruh Kualitas Pelayanan Sertifikasi Halal Terhadap Kepuasan Pelaku Usaha di Kabupaten Aceh Besar

Mursalin, 180602128 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Sertifikasi Halal Terhadap Kepuasan Pelaku Usaha di Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan sertifikasi halal terhadap kepuasan konsumen di Kabupaten Aceh Besar] Text (Membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan sertifikasi halal terhadap kepuasan konsumen di Kabupaten Aceh Besar)
Mursalin, 180602128, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kepuasan pelaku usaha (pelanggan) adalah perasaan senang atau tidak senang pelanggan terhadap suatu pelayanan atau hasil yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan sertifikasi halal terhadap kepuasan pelaku usaha di Kabupaten Aceh Besar. Variabel penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah empati, keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik dan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menjadikan 133 pelaku usaha bersertifikat halal di Aceh Besar sebagai sampel dengan menggunakan Sensus Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang menyebarkan kuesioner secara langsung. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan yang terdiri dari empati, keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan; (2) empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha; (3) reliabilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha; (4) responsiveness berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha; (5) jaminan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha; (6) bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha; dan (7) harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelaku usaha.

Kata kunci: empati, keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik dan harga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mursalin Mursalin
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:21
Last Modified: 30 Aug 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31576

Actions (login required)

View Item
View Item