Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Simulasi EKTS Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 1 Aceh Barat Daya

Rivaldi Firnanda, 170211030 (2023) Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Simulasi EKTS Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 1 Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran] Text (Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran)
Rivaldi Firnanda, 170211030, FTK, PTE, 082211312476.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

SMKN 1 Aceh Barat Daya melakukan pembelajaran khususnya instalasi motor listrik masih secara manual menggunakan papan tulis dan diterangkan secara lisan, yang dimana proses menggambar dengan cara ini tergolong rumit dan banyak memakan waktu. Maka, untuk mengefektivitaskan pembelajaran, maka perlu dilakukan pembaharuan media pembelajaran yang salah satunya dengan menggunakan aplikasi Electrical Control Techniques Simulator (EKTS). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif menggunakan teknik analisis data yaitu pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan peserta didik setelah diterapkannya simulasi EKTS. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis menggunakan perbandingan Wilcoxon yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Pada hasil pengolahan data setelah diterapkannya penggunaan aplikasi EKTS terdapat peningkatan tingkat keefektifan dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 68 dan rata-rata nilai post-test yaitu 88. Sedangkan angket peserta didik yaitu terhadap indikator kualitas 84,71%, pada indikator kesesuaian 79,08%, pada indikator insentif 81,14% dan untuk indikator waktu 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran simulasi EKTS dalam mata pelajaran instalasi motor listrik tergolong efektif dan meningkatkan belajar pada peserta didik Kelas XI TIPTL SMKN 1 Aceh Barat Daya setelah diterapkannya aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rivaldi Firnanda Rival
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:25
Last Modified: 31 Aug 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31578

Actions (login required)

View Item
View Item