Peran Orangtua dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia dini di Era digital di Desa Keude Unga Aceh Jaya

Mona Bella, 170210109 (2023) Peran Orangtua dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia dini di Era digital di Desa Keude Unga Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Orangtua dalam Menanamkan Nilai Moral Anak    Usia dini di Era digital di Desa Keude Unga Aceh Jaya] Text (Peran Orangtua dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia dini di Era digital di Desa Keude Unga Aceh Jaya)
Mona Bella.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Orang tua merupakan orang yang telah mendapatkan amanat dari Allah, untuk mendidik dengan penuh tanggung jawab, Data yang didapat di Desa Keude Unga menunjukkan adanya kesibukan orangtua yang bekerja diluar rumah, sehingga membuat kurangnya perhatian atau waktu mereka untuk Bersama anak dan membuat orangtua tidak sepenuhnya dalam menjalani perannya sebagai orangtua. Kemudian orangtua juga tidak memberikan larangan sama sekali dan tidak bertindak tegas ketika anak berperilaku seenaknya pada orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan faktor kendala orangtua dalam menanamkan nilai moral anak di era digital di Desa keude unga Aceh Jaya Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, Pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara. Subjek penelitiannya ialah 5 orangtua anak. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran orangtua dalam menanamkan nilai moral pada anak terlihat pada berbagai peran orangtua diantaranya dengan memberikan nasehat dan mengingatkan, memberikan pemahaman dan praktek langsung, mendidik dengan keteladanan melaksanakan ibadah, membatasi penggunaan perangkat digital”handphone” pada anak. Kemudian faktor orangtua dalam menanamkan nilai moral kepada anak di era digital terdapat dua factor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi sikap orangtua dalam keluarga, lingkungan kerja orangtua, pengetahuan orangtua tentang moral. Kemudian eksternal meliputi, lingkungan tempat tinggal, dan hadirnya Gadget atau media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mona Bella Mona
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:27
Last Modified: 30 Aug 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31579

Actions (login required)

View Item
View Item