Akad Pembayaran GoPay Pada Aplikasi GoJek Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Rini Rahmawati, 170602120 (2023) Akad Pembayaran GoPay Pada Aplikasi GoJek Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of GoPay, Akad, Aplikasi, Bisnis Islam, Ekonomi Islam] Text (GoPay, Akad, Aplikasi, Bisnis Islam, Ekonomi Islam)
Rini Rahmawati, 170602120, FEB, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan teknologi membuat transaksi pembayaran sekarang lebih mudah dilakukan melalui fitur GoPay yang terdapat didalam aplikasi GoJek. Banyak konsumen yang melakukan pembayaran dengan fitur GoPay dengan alasan lebih praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapati akad apa yang terjadi pada praktik pembayaran GoPay pada aplikasi GoJek. Terjadi beberapa akad pada praktik pembayaran GoPay menurut Fatwa DSN-MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017 ketika konsumen melakukan TopUp atau pengisian ulang saldo GoPay. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif-normatif dengan menggunakan data primer (wawancara), juga dengan bantuan penemuan pustaka (library research) yang bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya akad ijarah pada praktik pembayaran GoPay yang terjadi dilapangan yaitu antara driver dengan konsumen. Konsumen melakukan sewa jasa pengantaran ke tempat tujuan kemudian melakukan pembayaran melalui GoPay yang mana merupakan upah yang didapat driver setelah mengantarkan konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rini Rahmawati Rini
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:13
Last Modified: 31 Aug 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31586

Actions (login required)

View Item
View Item