Implementasi Gadai Emas (Ar-Rahn) Pada Bank Aceh Syariah Dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI

Alfianda Bahari, 190603129 (2023) Implementasi Gadai Emas (Ar-Rahn) Pada Bank Aceh Syariah Dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Gadai Emas (Ar-Rahn) Pada   Bank Aceh Syariah Dalam Perspektif Fatwa   DSN-MUI] Text (Implementasi Gadai Emas (Ar-Rahn) Pada Bank Aceh Syariah Dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI)
Alfianda Bahari, 190603129, FEBI, PS, 085315253290.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Gadai emas syariah merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh pembiayaan secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang mekanisme produk gadai emas dan implementasi gadai emas di Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Samudera Lhokseumawe berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn dan fatwa No. 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme produk pembiayaan gadai emas syariah (rahn) pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Samudera Lhokseumawe menggunakan prinsip syariah yaitu penyerahan hak penguasaan secara wujud atas benda berharga berbentuk emas dari nasabah kepada bank selaku agunan atas pembiayaan yang diterima. Dan implementasi gadai emas di Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Samudera Lhokseumawe telah berjalan dengan berdasarkan prinsip syariah dan ketentuan yang berlaku pada fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn dan fatwa No. 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gadai Emas Syariah, Bank Aceh Syariah, Fatwa Dewan Syariah Nasional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Alfianda Bahari Alfi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:02
Last Modified: 04 Sep 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

View Item
View Item