Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal

Mauli Putri Damayanti, 170211076 (2023) Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Example Non Example  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal] Text (Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal)
Mauli Putri Damayanti, 170211076, FTK, PTE, 081280105752.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran tradisional yang umumnya menggunakan model ceramah membuat siswa kurang optimal dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Example Non Example (E Non E) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Model E Non E memanfaatkan gambar yang bersumber dari silabus dan kompetensi dasar dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini melibatkan delapan siswa kelas X dengan menggunakan metode pretest dan posttest, angket, dan penilaian kegiatan. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 42,50 (pretest) menjadi 70,00 (posttest) setelah penerapan model E Non E. Selain itu, respon positif juga ditunjukkan siswa terhadap model pembelajaran ini. Sehingga, model E Non E terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Example Non Example, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Mauli Putri Damayanti
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:15
Last Modified: 31 Aug 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item
View Item