Analisis Strategi Pengembangan Produk Pala menurut tinjauan Ekonomi Syariah

Trisna Mawarni, 180602058 (2023) Analisis Strategi Pengembangan Produk Pala menurut tinjauan Ekonomi Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis, Strategi, Pengembangan Produk Pala, Ekonomi Syariah] Text (Analisis, Strategi, Pengembangan Produk Pala, Ekonomi Syariah)
Trisna Mawarni, 180602058, ES, FEBI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Strategi Pengembangan Produk Pala Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah” bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pala yang dilakukan oleh UD Mestika Pala dan analisis SWOT terhadap strategi pengembangan bisnis dalam perspektif ekonomi Syariah pada UD Mestika Pala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Informan terdiri dari pihak pemilik UD Mestika Pala, karyawan UD Mestika Pala dan konsumen. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan kuesioner, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk pala yang dilakukan oleh UD Mestika Pala peningkatan tenaga SDM, pemanfaatan media online untuk promosi, pemilihan lokasi penjualan serta meningkatkan kualitas dan citra rasa produk pala yang dikembangkan oleh UD Mestika Pala. Strategi yang digunakan yaitu Weakness-Opportunity bertujuan untuk meningkatkan tenaga sumber daya manusia dan mengoptimalkan dukungan dari pemerintah setempat. Strategi pengembangan produk pala pada UD Mestika Pala sudah sesuai menurut ekonomi syariah, baik dari segi bahan bakunya dari bahan halal, sudah mendapatkan label halal dari MUI, pemasarannya menunjukkan nilai syariah dan harga yang ditawarkan tidak memberatkan pembeli dan tidak semata-mata mencari keuntungan yang besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Trisna Mawarni Trisna
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:39
Last Modified: 31 Aug 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31590

Actions (login required)

View Item
View Item