Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan)

Mursyid Djawas, 2017027702 (2023) Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan). In: Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan)] Text (Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan))
LP_PTKSN_2020-MURSYID.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (835kB)

Abstract

Penelitian ini membahas membahas tentang Efektifitas Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Selatan). Rumusan masalah yang dikaji adalah: 1) bagaimana pelaksanaan program bimbingan perkawinan di Provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Selatan? 2) Bagaimana Efektifitas pelaksanaan program bimbingan perkawinan di Provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Selatan? 3) Bagaimana pengaruh program bimbingan perkawinan terhadap ketahanan keluarga di Provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Selatan? Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data, studi literatur, Angket dan wawancara. Lokasi penelitian ini adalah di provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Selatan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Program bimbingan perkawinan di Provinsi Aceh dan Sumatera Selatan sudah dilaksanakan secara rutin, didukung dengan SDM, sarana dan prasarana serta dukungan dana. Pelaksanaan program bimbingan perkawinan di Provinsi Aceh dan Sumatera Selatan sudah berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dengan telah dilaksanakannya program bimbingan perkawinan secara terjadwal dan dijadikan syarat bagi calon pengantin untuk dapat melaksanakan akad nikah. Program bimbingan perkawinan, khususnya di provinsi Aceh dan provinsi Sumatera Selatan diakui berpengaruh terhadap upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Namun pengaruh ini belum signifikan untuk mewujudkan ketahanan keluarga dengan mencegah tingginya angka perceraian di Indonesia.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:37
Last Modified: 07 Nov 2023 08:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31594

Actions (login required)

View Item
View Item