Implementasi Program Unggulan Bakat Minat dan Unggulan Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Pada Man 1 Banda Aceh

Nurzaitun, 211003003 (2023) Implementasi Program Unggulan Bakat Minat dan Unggulan Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Pada Man 1 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Program Unggulan Bakat Minat dan Unggulan Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Pada Man 1 Banda Aceh] Text (Implementasi Program Unggulan Bakat Minat dan Unggulan Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Pada Man 1 Banda Aceh)
Nurzaitun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan program unggulan tidak semudah yang direncanakan. Banyak program unggulan di sekolah-sekolah atau madrasah tinggal sebatas di atas kertas sebelum mencapai sasarannya. Namun berbeda dengan MAN 1 Banda Aceh, mereka mempunyai beragam program unggulan, tetapi tetap bisa berjalan dengan baik. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut apa yang mereka lakukan sehingga mereka bisa menjalankan program tersebut dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program unggulan pada MAN 1 Banda Aceh dirancang oleh tim yang dibentuk oleh Kepala Madrasah. Pelaksanaan program unggulan bakat minat dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu sore pukul 14:30–16:00 WIB. Program unggulan akademik dilaksanakan pada sore Senin sampai Kamis pukul 14:00–17:55 WIB. Saat pelaksanaan di lapangan, yang mengkoordinir program unggulan tersebut oleh dua tim. Program unggulan bakat minat dikoordinir oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan stafnya. Program unggulan akademik, dikoordinir oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Pengajaran, beserta stafnya. Diharapkan siswa yang kurang menonjol prestasinya dibidang akademik, mereka bisa berprestasi dibidang non akademik. Namun tujuan akhir adalah sama, yaitu untuk meningkatkan kualitas lulusan. Evaluasi pelaksanaan program unggulan, dilakukan terhadap siswa dan pembimbing. Evaluasi terhadap siswa, dilihat dari peningkatan kemampuan setelah mengikuti program unggulan. Evaluasi terhadap pembimbing dilihat dari kedisiplinan dan keseriusan dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurzaitun Zaitun
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:20
Last Modified: 31 Aug 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31596

Actions (login required)

View Item
View Item