Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Ditinjau Menurut Hukum Islam

Jamhir, 2021047803 (2023) Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Ditinjau Menurut Hukum Islam. In: Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Ditinjau Menurut Hukum Islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Ditinjau Menurut Hukum Islam] Text (Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Ditinjau Menurut Hukum Islam)
LP_PDPS_2019-Jamhir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (906kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai“Penyelesaian Kasus Jarimah Ikhtilat di Gayo Menurut Hukum Islam”. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah (1). Bagaimana penyelesaian jarimah ikhtilath menurut hukum adat Gayo? (2) Bagaimana penyelesaianjarimahikhtilathdi Gayo Menurut Hukum Islam?.Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian menggambarkan hasil penelitian objektif terhadap keadaan yang ditemui di lapangan dan dianalisis menurut hukum Islam.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sanksi hukum adat yang diberikan kepada pelaku ikhtilath di Gayo adalah denda sebesar satu ekor Kambing lengkap atau denda atas kesepakatan sarak opat Kampung. Jika ditinjau menurut hukum Islam, bahwa sanksi hukum adat tersebut tidak bertentangan dengan konsep hukum Islam. Karena, dalam Islam ditetapkan bahwa pelaku ikhtilath merupakan bagian dari jarimah ta‟zir, di mana penjatuhan hukumannya diserahkan secara penuh oleh pemerintah, baik jenis maupun ukurannya, mulai dari hukuman yang paling ringan seperti pemberian nasehat kepada pelaku, sanksi denda, cambuk atau pengasingan, hingga pada hukuman paling tinggi, yaitu pelaku harus dibunuh. Adapun sanksi hukum adat tentang kasus ikhtilath di Gayo termasuk sanksi ta’zir, yang jenisnya dan ukurannya ditetapkan oleh Sarak Opat , yaitu berupa denda satu ekor kambing.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31600

Actions (login required)

View Item
View Item