Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Delima Pidie

Juairiah Umar, 2007025603 (2023) Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Delima Pidie. In: Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Delima Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Delima Pidie] Text (Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Delima Pidie)
LP_PDPS_2019-Juairiah Umar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap Mata Pelajaran Agama Islam, peneliti fokus meneliti ranah afektif, kognitif dan psikomotor.Peserta didik dapat dikatakan memiliki pemahaman yang baik apabila ketiga ranah tersebut telah berkolaborasi, Pertanyaan penelitian adalah Bagaimana pemahaman peserta didik dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotor terhadap mata pelajaran Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Delima Pidie dan apa saja kendala yang dihadapi peserta didik dalam memahami Mata Pelajaran Agama Islam serta bagaimana solusi peserta didik dalam memahami Mata Pelajaran Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes dan wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif analitis. Respons Ranah Psikomotor Peserta didik: Unjuk Kerja Praktik Menulis ayat Al-Quran. Berjumlah 25 orang peserta didik. 18 peserta didik, mencapai Nilai 71-90 Baik MB (Mulai Berkembang) 7 peserta didik, Nilai ; 91-100 Amat Baik SM (Sudah Membudaya) Respon Ranah Psikomotor Peserta didik : Unjuk Kerja Praktik Melafadzkan Ayat Al-Qur’an. Berjumlah 25 orang peserta didik 14pesertadidik,Nilai;91-100berartiAmatBaik.SM(SudahMembudaya) 6 peserta didik, Nilai ; 71-90 berarti Baik. MB (Mulai Berkembang) 1 peserta didik, Nilai; 61-70 berarti Cukup. MT (Mulai Terlihat) 4 peserta didik, Nilai 60 berarti Kurang atau BT (Belum Terlihat) Penilaian kognitif 13jawaban benar,12jawaban salah. Solusinya guru memeperbaiki proses pembelajaran mengacu KI, KD, IPK dan TJP

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31601

Actions (login required)

View Item
View Item