Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di MTsN 1 Banda Aceh

Tiqah Aqilah, 180213046 (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk  Mengurangi Perilaku Bullying Di MTsN 1 Banda Aceh] Text (Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di MTsN 1 Banda Aceh)
SKRIPSI BISMILLAH Upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Bullying merupakan suatu tindakan secara verbal yang dilakukan oleh seseorang untuk menyakiti ataupun menindas orang lain dengan perkataan. Dan yang terjadi di MTsN 1 Banda Aceh ada beberapa siswa yang sering melakukan tindakan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengurangan bullying melalui layanan konseling dengan teknik bibliokonseling di MTsN 1 Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekaatan kuantitatif berbentuk One Group Pre Test - Post Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 berjumlah 29 orang dan sampel penelitian berjumlah 8 orang melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat bullying siswa. Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh uji t terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik bibliokonseling melalui layanan konseling kelompok untuk mengurangi bullying pada siswa. Dengan hasil uji paired samples test yang dimana diperoleh t hitung sebesar 26,719 dengan derajat kebebasan (df) N-1 = 8-1 =7, maka diperoleh t-tabel sebesar 1.894. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis (Hₐ) diterima sedangkan Hₒ ditolak. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengurangan bullying siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik bibliokonseling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Tiqah Aqilah Tiqah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:52
Last Modified: 26 Sep 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31602

Actions (login required)

View Item
View Item