Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya

M. Yusuf, 2015027202 (2023) Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. In: Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya] Text (Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya)
LP_PDPS_2019-M. Yusuf, S.Ag., M.A..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (421kB)

Abstract

Pengayaan materi ajar merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh guru mata pelajaran demi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang baik dan berkualitas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2019-2020. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriktif analisis (descriptive analisis) yaitu suatu situasi atau area tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Untuk memperoleh data yang objektif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Analisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangkan materi ajar di SMA N 1 Jaya, guru mengembangkan materi dengan menggunakan media sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Guru dalam pengayaan materi ajar diantaranya dengan cara memberikan contoh, mempraktekan langsung materi ajar, menggunakan media, menggunakan media yang telah tersedia di sekolah yang berupa bahan cetak berupa buku, gambar, peta sedangkan bahan atau materi lain yang di sampaikan dicatat dipapan tulis. Hambatan yang dihadapi Guru PAI dalam pengayaan materi ajar di SMAN 1 Jaya selain pengetahuan guru PAI di SMAN 1 Jaya tentang pengembangan bahan ajar sangat terbatas, sarana prasarana pembelajaran PAI berbasis laboratorium juga tidak tersedia, seperti ruangan khusus seperti mushalla, laboratorium PAI. Berbeda hambatan yang dihadapi dari guru PAI, kepala sekolah menyebutkan hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pengayaan materi ajar dikarenakan ada sebagian guru PAI yang kurang memahami cara pemanfaatan media non cetak dalam proses belajar mengajar, harusnya pembelajaran berbasis laboratorium dapat di ganti dengan penggunaan media video/audio visual.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31604

Actions (login required)

View Item
View Item