Pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat

Mulia, 2013107801 (2023) Pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat. In: Pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat] Text (Pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat)
LP_PDPS_2019-Mulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (817kB)

Abstract

Kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan anak untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di sekolah, dalam pelaksanaan belajar mengajar masih kurang mengembangkan pedagogiknya dalam proses belajar mengajar. Hal ini, dilihat dari orientasi hasil akhir seorang guru yang harus lebih kompeten dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar, karena siswa memiliki karakter, sifat, dan daya tarik yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai cara dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya, baik cara guru –menguasai teori belajar, penguasaan kurikulum dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik, cara guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang mendidik, cara menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, dan cara melakukan evaluasi pembelajaran dengan memeberikan test secara langsung baik dalam tulisan ataupun lisan disetiap akhir pertemuan dan juga akhir semester–. Berdasarkan perhitungan hasil analisis data terdapat hubungan/korelasi antara sertifikasi guru dengan kompetensi pedagogik guru SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat. Sedangkan arah korelasinya positif antara sertifikasi guru dengan kompetensi pedagogik guru SMPN 1 Arongan Lambalek Aceh Barat.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item
View Item