Sertifikat Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Guru SMK Se- Kabupaten Aceh Barat

Wanty Khaira, 2013067603 (2023) Sertifikat Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Guru SMK Se- Kabupaten Aceh Barat. In: Sertifikat Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Guru SMK Se- Kabupaten Aceh Barat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sertifikat Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Guru SMK Se- Kabupaten Aceh Barat] Text (Sertifikat Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Guru SMK Se- Kabupaten Aceh Barat)
LP_PDPS_2019-Wanty Khaira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)

Abstract

Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru yang telah memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Penelitian ini mengkaji adakah pengaruh sertifikat pendidik terhadap kompetensi guru SMK se-Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini difokuskan pada kompetensi professional dan kompetensi kepribadian dari empat kompetensi. Penelitian kuantitatif ini berusaha untuk menemukan ada tidaknya pengaruh sertifikat pendidik terhadap kompetensi guru pada SMK se-Kabupaten Aceh Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru tersertifikasi pada SMK di Kabupaten Aceh Barat. Sampel dilakukan dengan teknik random, masing-masing sekolah di ambil 10 orang sebagai wakilnya. Yaitu 5 orang guru sertifikasi dan 5 non sertifikasi. Hasil penelitian baik kompetensi professional maupun kompetensi kepribadian menunjukkan pengaruh signifikan antara sertifikat pendidik terhadap kompetensi guru SMK se-Kabupaten Aceh Barat. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis bahwa sertifikasi pendidik berpengaruh signifikan terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru pada SMK se-Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:09
Last Modified: 07 Nov 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31618

Actions (login required)

View Item
View Item