Peningkatan Kinerja Guru dengan Strategi Capacity Building ditinjau dari Kompetensi Profesional pada Madrasah Ibtidaiyah di Langsa

Zahara Mustika, 2025127001 (2023) Peningkatan Kinerja Guru dengan Strategi Capacity Building ditinjau dari Kompetensi Profesional pada Madrasah Ibtidaiyah di Langsa. In: Peningkatan Kinerja Guru dengan Strategi Capacity Building ditinjau dari Kompetensi Profesional pada Madrasah Ibtidaiyah di Langsa. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kinerja Guru dengan Strategi Capacity Building ditinjau dari Kompetensi Profesional pada Madrasah Ibtidaiyah di Langsa] Text (Peningkatan Kinerja Guru dengan Strategi Capacity Building ditinjau dari Kompetensi Profesional pada Madrasah Ibtidaiyah di Langsa)
LP_PDPS_2019-Zahara Mustika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kinerja guru perlu diperhatikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuannya dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai guru dengan berbagai strategi dari pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Peningkatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di langsa; 2) Strategi capacity building dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan kompetensi profesional di langsa. Penelitian deskriptif ini dilakukan pada seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah di Langsa dengan teknik purposive sampling sebanyak 150 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Peningkatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di langsa masih kurang dan belum berjalan sepenuhnya. Hanya sebagian kecil yang sudah meningkat dan memahami apa yang menjadi tugasnya. 2) Strategi capacity building yang dilakukan dalam peningkatan kinerja guru berupa inservice training, mengikuti program pembinaan, dan membuat forum akademik guru belum berjalan secara optimal dalam semua kegiatan baik dalam peningkatan ilmu pengetahuan, keprofesionalannya dan kesempatan dalam mengikuti pelatihan.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:09
Last Modified: 07 Nov 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31619

Actions (login required)

View Item
View Item