Pengelolaan Etika Kerja Amil Zakat Dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Dana Zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen

Siti Nurhaliza, 180602128 (2023) Pengelolaan Etika Kerja Amil Zakat Dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Dana Zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Memabahas tentang Pengelolaan Etika Kerja Amil Zakat Dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Dana Zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen] Text (Memabahas tentang Pengelolaan Etika Kerja Amil Zakat Dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Dana Zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen)
Siti Nurhaliza, 180602193, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Provinsi Aceh memiliki keistimewaan diantaranya terbentuknya Baitul Mal Aceh, MPU, MAA dan MPD. Etika kerja Islam belum terinternalisasi dalam setiap aktivitas di lingkungan Baitul Mal Kabupaten Bireuen, khususnya pada amil dalam pengumpulan dana zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengumpulan zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen yang dilakukan oleh amil, kinerja amil zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen dan kesesuaian etika kerja amil zakat dalam pengumpulan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen dengan etika kerja dalam Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Informan terdiri dari pihak Kepala Sekretariat Baitul Mal Bireuen, Kasubbag Umum, enam orang staf dan juga masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja amil zakat dalam mengumpulkan zakat di Baitul Mal Kabupaten Bireuen sudah sesuai dengan etika kerja dalam Islam yang ditandai pelaksanaan tanggungjawab yang baik, bekerja hanya semata-mata untuk kepentingan publik, para amil sudah dinilai berintegritas oleh publik, bekerja dengan prinsip yang netral dan objektif dengan tidak membeda-bedakan pemberi dan penerima zakat, serta bekerja dengan kompetensi dan penuh kehati-hatian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:00
Last Modified: 04 Sep 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31622

Actions (login required)

View Item
View Item