Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Discussion dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di MAN 3 Banda Aceh.

Syarifah Rizki Hadiya, 160213097 (2020) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Discussion dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di MAN 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group discussion dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di MAN 3 Banda Aceh.] Text (Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group discussion dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di MAN 3 Banda Aceh.)
SKRIPSI PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Interaksi sosial adalah hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dalam aspek kerjasama, persaingan, konflik dan akomodasi. Individu yang tidak mampu berinteraksi dengan baik akan terhambat dalam proses belajar mengajar, ketinggalan informasi dan tidak mempunyai teman. Penelitian bertujuan mengetahui teknik diskusi kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa di MAN 3 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen One Group Pretest- Posttest Design. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran angket skala likert kepada siswa kelas X MAN 3 Banda Aceh. Teknik analisis menggunakan uji normalitas shapiro wilk dan uji T paired samples t-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN 3 Banda Aceh berjumlah 96 siswa, sedangkan sampel sebanyak 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan teknik diskusi kelompok memiliki signifikansi terhadap interaksi sosial siswa yang ditandai dengan perubahan skor rata- rata pretest sebesar 113,88 menjadi 127,00 pada posttest dan selisih antara keduanya 13,12 artinya, terjadi peningkatan pada interaksi sosial siswa setelah diberi perlakuan menggunakan teknik diskusi kelompok. Kesimpulannya, teknik diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Syarifah Rizki
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:14
Last Modified: 31 Aug 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31623

Actions (login required)

View Item
View Item