Uslub Ta’ajjub Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris (Analisis Kontrastif)

Hurrya Ulfa Dalila, 180202015 (2023) Uslub Ta’ajjub Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris (Analisis Kontrastif). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Uslub Ta’ajjub Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris (Analisis Kontrastif)] Text (Uslub Ta’ajjub Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris (Analisis Kontrastif))
Hurrya Ulfa Dalila, 180202015, FTK, PBA, 085362936914.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Di negeri kita Indonesia, terdapat dua mata pelajaran bahasa asing yang menjadi bagian dalam kurikulum nasional, yaitu pembelajaran Bahasa Inggris dan pembelajaran Bahasa Arab. Namun, pembelajaran bahasa Inggris berlangsung dalam skala yang lebih luas daripada pembelajaran bahasa arab. Pembelajaran Bahasa Inggris dilaksanakan di setiap sekolah, baik madrasah maupun non madrasah, sementara pembelajaran bahasa arab hanya diajarkan di sekolah-sekolah yang berbasis madrasah atau sejumlah sekolah yang memilih menerapkan pembelajaran Bahasa Arab dalam kurikulumnya. Sehingga, para pelajar lebih banyak mendalami pembelajaran bahasa Inggris dan lebih sedikit dari mereka yang mempelajari bahasa Arab. Oleh karenanya banyak pelajar yang lebih memahami bahasa inggris daripada bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kerangka-kerangka materi Uslub Ta’ajjub diantara bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk menemukan batas perbedaan-perbedaan dan kesamaan-kesamaan pada keduanya. Bentuk-bentuk perbedaan anatara dua bahasa ini dan kesamaannya dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini merupakan salah satu studi linguistik yaitu analisis kontrastif dengan metode penelitian analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bentuk-bentuk kesamaan dan perbedaan Uslub Ta’ajjub dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, yaitu dari segi cakupan definisi, gramatika bahasa, makna dan fungsi ungkapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hurrya Ulfa Dalila
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:30
Last Modified: 31 Aug 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item
View Item