Analisis Faktor Peningkatan Kelahiran Anak Diluar Nikah Dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen)

Amanda Lulzannah, 190101092 (2023) Analisis Faktor Peningkatan Kelahiran Anak Diluar Nikah Dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Analisis Faktor Peningkatan Kelahiran Anak Diluar Nikah Dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen)] Text (Analisis Faktor Peningkatan Kelahiran Anak Diluar Nikah Dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen))
Amanda Lulzannah, 190101092, FSH, HK, 085220859282.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Anak diluar nikah adalah seorang anak yang dilahirkan oleh seorang perempuan sedangkan perempuan itu tidak berada dalam suatu ikatan perkawinan yang sah. Dalam persepsi masyarakat peristiwa kelahiran anak diluar nikah terjadi dikarenakan lalainya orangtua sampai mengakibatkan pergaulan bebas pada anak dan kenakalan remaja di masa sekarang. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini yang pertama faktor apa saja yang menyebabkan peningkatan kelahiran anak diluar nikah di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen dalam persepsi masyarakat. Dan yang kedua bagaimana dampak dan upaya persepsi masyarakat dalam pencegahan peningkatan kelahiran anak diluar nikah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang menyebabkan peningkatan lahirnya anak diluar nikah dan mengetahui dampak dan upaya masyarakat dalam mencegah peningkatan kelahiran anak diluar nikah di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian langsung dilapangan (field research) dengan cara wawancara dan dokumentasi penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa faktor penyebab peningkatan kelahiran anak diluar nikah, di antaranya: Kadar keimanan rendah, Pergaulan bebas, Kurangnya perhatian dari orangtua, Faktor ekonomi dan Pendidikan, yang terakhir yaitu Faktor sosial dan lingkungan. Adapun dampak yang terjadi pada anak diluar nikah yaitu anak akan menjadi seorang yang kaku secara sosial dan sulit menyesuaikan diri karena malu dibully di lingkungannya. Dan upaya untuk pencegahan peningkatan kelahiran anak diluar nikah biasanya dengan adanya hukuman berat bagi pelaku agar pelaku lainnya jera, sebaiknya remaja lebih sering mengisi hari-harinya dengan hal positif dengan bersekolah,mengaji,memperbaiki diri dan bersosialisasi agar tidak salah jalan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas sehingga melakukan zina.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Amanda Lulzannah
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:19
Last Modified: 31 Aug 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31628

Actions (login required)

View Item
View Item