Analisis Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Temati Siswa Kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya

Nadiatul Muthmainnah, 190209041 (2023) Analisis Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Temati Siswa Kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Temati Siswa Kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya] Text (Analisis Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Temati Siswa Kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya)
Nadiatul Muthmainnah, 190209041, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan kelas adalah suatu upaya yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan dan menjaga kondisi kelas agar tetap normal dan optimal dalam melaksanakan pembelajaran sehingga tetap bisa berjalan secara efektif dan efisien. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan realita yang ada di lapangan tentang analisis pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik siswa kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Pengelolaan kelas menyangkut pengelolaan peserta didik dan pengelolaan ruang kelas. Untuk memandu keterarahan penelitian, peneliti menggunakan instrument lembar observasi, lembar wawancara dan telaah dokumen. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti bersama dengan guru kelas II di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru di SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya secara umum sudah terlaksana dengan baik dan guru memanfaatkan sarana dan prasaran kelas yang tersedia. Demikian pula dengan pembelajaran tematik yang dalam implementasinya sebagian besar sudah terlaksana dengan baik, sesuai dengan RPP yang digunakan, namun ada juga beberapa hal dalam cantuman isi RPP yang tidak terlaksana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiatul Muthmainnah Nadia
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:10
Last Modified: 31 Aug 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31630

Actions (login required)

View Item
View Item