Upaya Orang Tua Membimbing Anak dalam Mengerjkan Shalat Fardhu di Desa Pasar Rundeng Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Aceh

Desi Rahmawati, 170201169 (2023) Upaya Orang Tua Membimbing Anak dalam Mengerjkan Shalat Fardhu di Desa Pasar Rundeng Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Orang Tua Membimbing Anak dalam Mengerjkan Shalat Fardhu di Desa Pasar Rundeng Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Aceh] Text (Upaya Orang Tua Membimbing Anak dalam Mengerjkan Shalat Fardhu di Desa Pasar Rundeng Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Aceh)
desi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Al-Qurán surah al-Tahrim ayat 6 menjelaskan tentang orang tua yang mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap anak-anaknya agar terhindar dari api neraka. Salah satu caranya menyuruh anak untuk mengerjakan shalat fardhu. Namun sebagian orang tua di Desa Pasar Rundeng, masih ada yang tidak memperhatikan shalat fardhu anaknya. Anak-anak masih keluyuran di jalan-jalan maupun di warung asyik bermain game online. Adanya permasalahan tersebut penulis ingin meneliti dengan tujuan mengetahui upaya orang tua membimbing anak dalam mengerjakan shalat fardhu dan faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam membimbing anak untuk mengerjakan shalat fardhu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis kualitatif deskriftif, karena masalah yang diteliti suatu realitas kejadian dalam orang tua di desa pasar rundeng. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah upaya orang tua di Desa Pasar Rundeng dalam membimbing anaknya untuk mengerjakan shalat fardhu dengan cara mengajari, menyuruh, mengingatkan, memberi fasilitas, dan menghukum anak jika enggan untuk shalat, dan faktor pendukung yakni TPA, hukuman anak tidak mengerjakan shalat, dan memberikan fasilitas. Faktor penghambat yakni, Handphone, Televisi, dan orang tua yang tidak punya waktu luang untuk membimbing anak, dan lingkungan teman tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Rahmawati Desi
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:11
Last Modified: 31 Aug 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31633

Actions (login required)

View Item
View Item