Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model PBL Pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA

Alfia Warda Nisa, 190204064 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model PBL Pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model PBL Pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model PBL Pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA)
Alfia Warda Nisa, 190204064, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui observasi awal di lapangan ditemukan bahwa pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran, sehingga peserta didik jenuh dalam belajar dan proses pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan menumbuhkan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan model PBL pada materi fluida statis yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan tiga Tahapan yaitu (1) Tahap Planning (perencanaan), (2) Tahap Design (Perancangan),dan (3) Tahap Development (Pengembangan). Subjek penelitian terdiri dari 3 ahli media, 9 ahli materi dan 3 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan model PBL berdasarkan kualitas media diperoleh hasil presentase 93,7% dengan kriteria kelayakan sangat layak, kelayakan berdasarkan ahli materi mendapat hasil presentase 94,9% dengan kriteria kelayakan sangat layak, dan memperoleh hasil keseluruhan 94,3% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik mendapat hasil presentase 82,2% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan model PBL pada materi fluida statis tingkat SMA//MA sangat layak digunakan sebagai media yang mendukung kegiatan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Alfia Warda Nisa
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:12
Last Modified: 31 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item
View Item