Pengelolaan Evaluasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Salmawati, 150206015 (2020) Pengelolaan Evaluasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan, Evaluasi, Hasil Belajar] Text (Pengelolaan, Evaluasi, Hasil Belajar)
Salmawati, 150206015, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengelolaan adalah suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh sekelompok untuk mencapai tujuan tertentu, yang meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, sampai dengan penilaian, dan pengawasan. Sedangkan evaluasi adalah bagian dari proses belajar mengajar yang secara keseluruhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan evaluasi hasil belajar Siswa, Strategi pengelolaan evaluasi hasil belajar siswa serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan evaluasi belajar siswa di SMPN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi subjek adalah Kepala sekolah, Guru dan Siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis intraktif, dengan proses reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan evaluasi hasil belajar terdiri atas beberapa aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan evaluasi yaitu penilaian sikap pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013, menumbuhkan sikap mandiri dan gemar membaca dalam diri siswa, penilaian sikap dalam mengembangkan kepedulian lingkungan dan kerjasama. Adapun solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan evaluasi hasil belajar adalah dengan melakukan beberapa tindakan, yaitu guru melakukan konsultasi dengan guru lainnya (guru di kelas sebelumnya) yang sudah mengetahui banyak tentang siswa. Selain itu, guru juga melakukan kerjasama dengan orang tua siswa. Khususnya siswa yang memiliki sikap yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salmawati Salma
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:15
Last Modified: 31 Aug 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31636

Actions (login required)

View Item
View Item