Model Pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh

Nurul Qamara, 170201150 (2021) Model Pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh] Text (Model Pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh)
Nurul Qamara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan bentuk dari pembelajaran yang tersusun atau tergambar dari awal sampai akhir yang dibuat khusus oleh pendidik agar tercapainya tujuan dari pembelajaran yang efektif dan efesien. Maka dari itu skripsi ini berjudul “Model Pembelajaran TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh” karena peneliti ingin mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran di TPQ Plus Baiturrahman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan pada TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan untuk mendapatkan model pembelajaran pada TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui kendala dan solusi apa yang dihadapi pengajar TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif sehingga menghasilkan deskriptif kata bukan angka, dengan menggali data selengkap mungkin yang berupa hasil dari wawancara ataupun data-data yang tertulis. Adapun subjek penelitian adalah direktur dan tiga orang ustadzah yang mengajara di kelas Shafiyah Binti Huyai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian skripsi menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran yang diterapkan di TPQ Plus Baiturrahman sudah baik namun belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan kurikulum, dikarenakan dalam masa perubahan (covid 19) akan tetapi metode pembelajaran yang digunakan masih mengikuti panduan yang ada. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Cooperative Learning, model Pembelajaran Langsung dan model Demonstrasi yang kemudian disesuaikan oleh metodenya seperti motode Iqra’, Ceramah, Cerita, Bernyanyi, Tanya jawab, dan Talqin. 2) Model pembelajaran yang diterapkan di TPQ Plus Biturrahman dimulai dari strategi apa yang digunakan. Strategi yang di gunakan berupa prosedur pembelajaran seperti tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup kemudian diuraikan dalam bentuk langkah-langkah pembelajaran 3) Terdapat beberapa kendala dan solusi yang dihadapi oleh ustadzah ketika mengajar antara lain: bermain ketika belajar, emosional santri tidak stabil, dan Mood Swing. Solusinya: membawa proses pembelajaran kedalam ranah bermain, belajar sambil bernyanyi, reflesing, dan memahami keadaan/situasi santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Qamara Nurul
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:13
Last Modified: 31 Aug 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31637

Actions (login required)

View Item
View Item