Pengembangan Model Pengenalan Pendidikan Seks Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya

Siti Fatima Zahara, 190209034 (2023) Pengembangan Model Pengenalan Pendidikan Seks Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Model Pengenalan Pendidikan Seks    Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya] Text (Pengembangan Model Pengenalan Pendidikan Seks Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya)
Siti Fatima Zahara, 190209034, FTK, PIAUD, 085214091296.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan seks pada anak usia dini adalah cara atau usaha pengajaran yang diberikan tentang permasalahan seks yang disesuaikan dengan usia anak. Permasalahan yang terdapat di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya adalah anak usia 5-6 tahun belum mengetahui konsep pengenalan pendidikan seks (konsep keadaran akan tubuh, memahami berbagai macam sentuhan, memahami perasaan yang muncul dalam diri, berprilaku asertif (berprilaku berani)). Pentingnya pengenalan pendidikan seks sejak dini agar ana mampu memahami dan melindungi dirinya sendiri untuk mencegah terjadinyan pelecehan seksual pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengenalan Pendidikan seks serta mengetahui kelayakan model pengenalan pendidikan seks berbasis multimedia untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analyze (mengidentifikasi atau menganalisis serta apa yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan), design (perancangan storyboard), development (pengembangan produk), implement (uji coba produk), dan evaluate (evaluasi hasil penelitian). Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi sebanyak 2 kali dengan persentase 84%, oleh ahli media dilakukan sebanyak 2 kali dengan persentase 89%, sedangkan ahli lembar observasi dilakukan sebanyak 1 kali mendapatan persentase 95% dari model Pengenalan Pendidikan Seks Berbasis Multimedia mendapatkan kriteria penilaian “Sangat Layak”. Hasil uji coba yang dilakukan di TK IT Ar-Rahman 1 Nagan Raya pada anak usia 5-6 tahun secara keseluruhan dengan hasil penilaian lembar observasi pada anak masuk pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dapat disimpulkan bahwa model pengenalan pendidikan seks berbasis multimedia “Layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pengenalan Pendidikan Seks
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Siti Fatima Zahara
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:13
Last Modified: 31 Aug 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31638

Actions (login required)

View Item
View Item