Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kajian Rutin Jum’atan di SMP Negeri 4 Simeulue Timur

Nur Fatimah, 170201141 (2023) Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kajian Rutin Jum’atan di SMP Negeri 4 Simeulue Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kajian Rutin Jum’atan di SMP   Negeri 4 Simeulue Timur] Text (Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kajian Rutin Jum’atan di SMP Negeri 4 Simeulue Timur)
Nur Fatimah, 170201141, FTK, PAI, 082144234975.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan akhlak adalah suatu usaha yang sungguh-sungguh dilakukan secara sadar, terarah dan terencana dalam rangka membentuk, membangun atau memperbaiki akhlak (tingkah laku) manusia mengikuti tuntunan ajaran agama Islam, baik dilakukan melalui jalur pendidikan, keluarga, sekolah atau masyarakat. Adapun judul skripsi ini pembinaan akhlak siswa melalui kajian rutin jum’atan di SMP Negeri 4 Simeulue Timur yang dilakukan setiap hari jum’at. Dimana dari kegiatan ini diharapkan siswa-siswi mempunyai semangat tinggi dalam melaksanakan ajaran Islam, serta kegiatan ini dapat berperan penting dalam pembentukan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pembinaan akhlak siswa melalui kajian rutin jum’atan, apa saja kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui kajian rutin jum’atan, serta metode apa saja yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa melalui kajian rutin jum’atan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan sampel 10 orang siswa, 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil, dan 2 orang guru kelas. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa: pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan diselenggarakannya berupa kajian rutin jum’atan dengan bentuk-bentuk kegiatan yaitu: baca yasin, ceramah, baca doa, dan nasehat dari kepala sekolah yang telah terlaksana dengan baik. Adapun Kendalanya, siswa tidak terlalu fokus, masih ada yang terlambat, ribut, metode guru masih kurang, masih ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an, serta dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Adapun metode yang digunakan sekolah maupun guru yaitu: memberi ceramah, pembiasaan, teladan yang baik, memberi sanksi yang sesuai dengan kesalahan, agar siswa menjadi sadar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Fatimah
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:12
Last Modified: 31 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31642

Actions (login required)

View Item
View Item