Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wheel Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum dan Impuls di SMAN 1 Baitussalam

Aulya Ulillah, 190204061 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wheel Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum dan Impuls di SMAN 1 Baitussalam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Berbasis] Text (Penerapan Media Pembelajaran Berbasis)
Aulya Ulillah, 190204061, FTK, PFS, 082285514923.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti di SMAN 1 Baitussalam bahwa media pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Oleh karena itu, perlu digunakan media yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Wheel Question. Wheel Question merupakan media permainan yang dapat meningkatkan interaksi antar peserta didik dan dapat menarik perhatian pada saat pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar dan bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran Wheel Question pada materi momentum dan impuls. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 1 Baitussalam. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan sampelnya adalah kelas X-MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain one-group-pre-test-post-test. Data dikumpulkan dalam bentuk soal pre-test post-test dan dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji t didapatkan perbandingan hasil thitung > ttabel yaitu 37,65 >1,70 yang mengindikasikan bahwa Ha diterima dengan nilai rata-rata pre-test adalah 38,07% dan nilai rata-rata post-test 74,80% sehingga adanya peningkatan hasil belajar sebesar 36,93%. Hasil persentase angket respon peserta didik adalah 70,77% memilih kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran berbasis Wheel Question pada materi momentum dan impuls dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Baitussalam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aulya Ulillah Aulya
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:25
Last Modified: 04 Sep 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item
View Item