Dampak Pertambangan Batubara terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal di Kabupaten Aceh Barat.

Putri Meliza, 180604145 (2022) Dampak Pertambangan Batubara terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal di Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pertambangan Batubara, Sosial Ekonomi, Masyarakat 	         lokal] Text (Pertambangan Batubara, Sosial Ekonomi, Masyarakat lokal)
Putri Meliza, 180604145, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan industri pertambangan di Aceh Barat memberikan dampak bagi sosial ekonomi masyarakat lokal di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak adanya pertambangan batubara terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat lokal di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya pertambangan batubara di Kabupaten Aceh Barat memberikan dampak bagi sosial ekonomi masyarakat lokal. Hal ini bisa dilihat dari penyerapan tenaga kerja yang dilakukan oleh pihak PT. Mifa Bersaudara sehingga angka pengangguran berkurang. Selain itu PT. Mifa Bersaudara juga melakukan pembangunan infrastruktur baik itu pembangunan mesjid, perbaikan jalan desa maupun rumah layak huni bagi masyarakat yang membutuhkan yang berada disekitar tambang, serta PT. Mifa Bersaudara sangat menunjukkan rasa peduli serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Aceh Barat. Dimana Ketika masyarakat sudah memiliki pendidikan yang baik, tentunya pola pikir masyarakat juga berubah. Hal ini tentunya mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Putri Meliza Putri
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:30
Last Modified: 31 Aug 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item
View Item