Uslub Alphabetik dan penggunaanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di sekolah MIN 22 Aceh Timur)

Ulya Fitri, 170202132 (2023) Uslub Alphabetik dan penggunaanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di sekolah MIN 22 Aceh Timur). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Uslub Alphabetik dan penggunaanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di sekolah MIN 22 Aceh Timur)] Text (Uslub Alphabetik dan penggunaanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di sekolah MIN 22 Aceh Timur))
Ulya Fitri, 170202132, FTK, PBA, 082367660266.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Adapun untuk mengajarkan bahasa arab bukanlah hal yang mudah, guru membutuhkan metode yang tepat agar siswa dapat memahaminya dengan mudah. Salah satu metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab adalah metode Abjad, dan ini adalah metode yang dapat digunakan untuk menguasai kosa kata, dan guru melatih siswa untuk menguasai kosa kata pemahaman dan memungkinkan mereka untuk menyampaikan kosa kata dalam huruf yang benar, tetapi sebagian besar guru-guru di MIN 22 Aceh Timur tidak menggunakan metode ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada pendidikan Vocabulary. Hal ini dikarenakan siswa tidak dapat mentransfer kosa kata dengan kata shadi, dan beberapa siswa tidak mengetahui alfabet dengan benar. Jika soal ini tidak diselesaikan maka akan ditemukan bahwa siswa tidak akan mampu mentransfer kosa kata dalam bahasa Arab dengan kuat, sehingga dapat membuat siswa kurang tertarik untuk memahami kosakata dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan latihan soal dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Abjad. Metode penelitian yang diterapkan oleh peneliti adalah metode eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan rencana pendidikan, pre dan post test, dan observasi secara langsung. Komunitas penelitian ini ialah siswa sekolah MIN 22 Aceh Timur yang berjumlah 172 siswa, maka peneliti memilih siswa pada bab IV (a) dan bab IV (b) dengan jumlah 34 siswa untuk sampel penelitian. Penggunaan metode Alphabetic untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa efektif dalam menyusun kalimat-kalimat yang bermanfaat. Hal ini terbukti dari hasil uji - (T-Test) didapatkan hasil (19,648) dan tingkat signifikansi (Sig.). 0,05 > 000

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Uslub Alphabetik, Kosa kata
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulya Fitri
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:30
Last Modified: 31 Aug 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31648

Actions (login required)

View Item
View Item