Generasi Milenial Mencari Mursyid (Study Pada Praktik Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Kalangan Anak Muda Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)

Lisa Baidari, 180305057 (2022) Generasi Milenial Mencari Mursyid (Study Pada Praktik Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Kalangan Anak Muda Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Generasi Milenial Mencari Mursyid (Study Pada Praktik Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Kalangan Anak Muda Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)] Text (Generasi Milenial Mencari Mursyid (Study Pada Praktik Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Kalangan Anak Muda Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya))
Lisa Baidari_Prodi SA_Skripsi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tarekat naqsyabandiyah salah satu metode untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt melalui bimnbingan seorang mursyid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang anak muda mencari mursyid, praktik tarekat yang dilakukan dan dampak tarekat dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang anak muda Menggeng bergabung dengan tarekat ingin mencari ketenangan hati dengan cara berzikir, ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt melalui bimbingan mursyid, ingin hidup lebih bermakna, ingin menebarkan kebaikan sesama umat dan ingin menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran tarekat naqsabandiyah. Praktik rarekat yang dilakukan yaitu mandi taubat, pembaiatan oleh mursyid, shalat secara berjamaah, membaca Al-Qur’an, istighfar minimal 100 kali dengan menyesali dosa-dosa masa lalu, sholat sunnah qabla dan ba’da shalat wajib, shalat hajat, berzikir dengan kalimat La Ilaaha Illallah berserta dengan doa bersama. Dampak tarekat yang dirasakan yaitu dapat mengubah pola pikir, mengubah gaya hidup, lebih menjaga shalat lima waktu, lebih taat dalam menjalankan perintah Allah, berpakaian secara syar’i, lebih sabar dalam menghadapi segala cobaan dan lebih menjunjung tinggi nilai- nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.3 Tarekat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Lisa Baidari Lisa
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:20
Last Modified: 01 Sep 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item
View Item