Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwakaf Tunai di Kota Banda Aceh (Studi pada PT. BPRS Hikmah Wakilah dan Yayasan Wakaf Baitul Asyi)

Asfira, 191008023 (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwakaf Tunai di Kota Banda Aceh (Studi pada PT. BPRS Hikmah Wakilah dan Yayasan Wakaf Baitul Asyi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwakaf Tunai di Kota Banda Aceh (Studi 		  pada PT. BPRS Hikmah Wakilah dan Yayasan Wakaf Baitul Asyi)] Text (Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwakaf Tunai di Kota Banda Aceh (Studi pada PT. BPRS Hikmah Wakilah dan Yayasan Wakaf Baitul Asyi))
9. FULL TESIS (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Wakaf tunai mempunyai peluang yang besar bagi umat Islam sebagai salah satu sumber dana potensial untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini membahas terkait faktor-faktor yang mempengaruhi niat berwakaf tunai di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis variabel sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan, religiusitas, pengetahuan, integritas, reputasi, dan kepercayaan pada lembaga wakaf yang berpengaruh terhadap niat berwakaf tunai di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan pengambilan sampel dengan non probability sampling yaitu purposive sampling dengan 50 wakif dari PT. BPRS Hikmah Wakilah berjumlah 40 wakif dan Yayasan Wakaf Baitul Asyi berjumlah 10 wakif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini variabel Theory Planned Behavior semuanya berpengaruh signifikan terhadap niat berwakaf tunai. Variabel pengetahuan, reputasi dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat berwakaf tunai. Variabel religiusitas dan integritas tidak signifikan terhadap niat berwakaf tunai. Pentingnya peningkatan sosialisasi literasi wakaf tunai pada masyarakat dan manajemen kelembagaan dalam pengelolaan wakaf tunai agar lebih optimal fundraising dana wakaf tunai di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Asfira Asfira
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:39
Last Modified: 31 Aug 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31652

Actions (login required)

View Item
View Item