Analisis Kendala Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Di KB Tunas Rimba Kabupaten Aceh Jaya

Mariana, 170210054 (2023) Analisis Kendala Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Di KB Tunas Rimba Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kendala Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Di    Kb Tunas Rimba Kabupaten Aceh Jaya] Text (Analisis Kendala Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Di Kb Tunas Rimba Kabupaten Aceh Jaya)
Skripsi mariana revs 20 juli_2 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala guru dalam penenaman karakter disiplin di sekolah KB Tunas Rimba, dengan subjek penelitian yaitu guru dan kepala sekolah menggunakan metode wanwancara untuk mendapatkan informasi tentang kendala-kendala yang dimiliki oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil Penelitian yang didapatkan dalam proses wawancara dengan narasumber yaitu guru dan kepala sekolah KB Tunas Rimba disimpulkan bahwa konsep yang ditanamakan guru disekolah tersebut menggunakan konsep disiplin positif dan disiplin permissive. Adapun kendala guru berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. kendala internal yaitu dari kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Sementara faktor eksternal yaitu dari kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan dari lingkungan. Kendala guru kompetensi pedagogik yaitu, guru belum memahami konsep-konsep Kedisiplinan, dan kurang wawasann. Kompetensi kepribadian yaitu: anak sebagian pendiam dan tidak merespon guru sehingga guru mengalami kesulitan dalam memberikan motivasi. Kompetensi profesional yaitu, perbedaan didikan anak di sekolah dan di rumah dan anak sulit menerima metode karena sudah terbiasa dengan metode pembiasaan. Kompetensi sosial yaitu, kurangnya komunikasi guru dan orang tua. Lingkungan yaitu, sarana dan prasarana yang masih sangat terbatas sehingga penanaman karakter kedisiplinan tidak berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Marina Mariana
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:24
Last Modified: 04 Sep 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item
View Item