Kontribusi Pemikiran Pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Aceh

Suci Dihanna, 211009004 (2023) Kontribusi Pemikiran Pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontribusi Pemikiran Pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Aceh] Text (Kontribusi Pemikiran Pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Aceh)
FULL TESIS SUCI DIHANNA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemikiran pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy dalam kehidupan sosial keagamaan. Hasbi Ash-Shiddieqy merupakan salah satu tokoh intelektual muslim, berasal dari asal Aceh yang intens melakukan pembaharuan Islam, terutama pembaharuan dalam kehidupan sosial keagamaan. Tujuan Penelitian ini ingin menelusuri ulang kontribusi pemikiran pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy terhadap kehidupan sosial keagamaan di Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontribusi, teori perubahan, teori penetrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research). Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode content analysis dalam mengkaji gagasan pemikiran pembaharuan dalam bidang sosial keagamaan di Aceh. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa Hasbi Ash-Shiddieqy telah memberikan Kontribusi dalam kehidupan sosial keagamaan di Aceh adalah dalam bidang keagamaan, pendidikan, dakwah dan sosial. Dalam bidang keagamaan, Hasbi memberikan ide pemikirannya tentang bid’ah, shalat Jum’at, mushabaqat tilawat al-qur’an, mathla’, dan zakat. Dalam bidang pendidikan, Hasbi membangun beberapa sekolah dan madrasah, serta juga berperan sebagai pengajar. Dalam bidang dakwah, Hasbi mengikuti beberapa kelompok diskusi, membentuk jama’ahnya, dan mengikuti beberapa organisasi dengan tujuan untuk berdakwah dengan menyebarkan gagasan pemikirannya. Dalam bidang sosial, Hasbi berbaur dengan masyarakat dengan saling tolong-menolong dan membantu, serta mencurahkan ide pemikirannya tentang berjabat tangan antara lelaki dan perempuan, yang dilihat dari sosialisasi masyarakat di Aceh. Dampak dari pemikiran pembaharuan Islam Hasbi Ash-Shiddieqy di Aceh adalah terjadinya penolakan oleh sebagian besar masyarakat Aceh, hal ini karena kondisi pemahaman keagamaan masyarakat Aceh yang masih baku.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat > 2X7.12 Epistomologi (Periodisasi Filsafat Islam))
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Suci Dihanna Suci
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:50
Last Modified: 31 Aug 2023 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31658

Actions (login required)

View Item
View Item