Efektivitas Penerapan Pola Asuh Otoritatif Dalam Pembinaan Karakter Santri (Studi di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U Ingin Jaya Aceh Besar)

Syauqas Rahmatillah, 191003026 (2023) Efektivitas Penerapan Pola Asuh Otoritatif Dalam Pembinaan Karakter Santri (Studi di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U Ingin Jaya Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Pola Asuh Otoritatif Dalam Pembinaan Karakter Santri (Studi di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U Ingin Jaya Aceh Besar)] Text (Efektivitas Penerapan Pola Asuh Otoritatif Dalam Pembinaan Karakter Santri (Studi di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U Ingin Jaya Aceh Besar))
09. Full TESIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pola asuh merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembinaan karakter anak. Akibat salah memilih pola asuh, maka hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi pada anak. Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U Saat ini sudah menerapkan pola asuh Otoritatif dalam pendidikan dan pengasuhannya. Di Pesantren ini, sempat terjadi kasus perundungan. Kasus tersebut berkaitan dengan salah satu karakter yaitu cinta damai. Sehingga menarik perhatian peneliti untuk mengetahui langkah-langkah Pesantren dalam menghadapi dan menghilangkan kasus ini melalui penerapan pola asuh otoritatif dan bagaimana efektivitasnya terhadap karakter-karakter yang lain. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pola asuh Otoritatif pada santri dan untuk mengetahui efek dari pola asuh ini dalam pembinaan karakter santri. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitiannya adalah di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U. Sumber data yang diperoleh adalah dari Unsur-unsur terkait, yaitu pimpinan Pesantren, pengasuh, staf pengasuhan dan beberapa santri kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan pola asuh Otoritatif yang diterapkan Pesantren adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan oleh guru, 2) Memberikan kebebasan berpendapat kepada santri, 3) Menetapkan aturan dan memberikan arahan untuk menertibkan santri, 4) Membuat jadwal kegiatan Santri, 5) Memberi ruang pada santri untuk mandiri, 6) Responsif terhadap sikap dan perilaku santri, 7) Memperat Hubungan Antara Guru dan Santri.. Dalam penerapan pola asuh Otoritatif, peneliti melihat ada dampak terhadap karakter santri. Diantara karakter santri yang terbentuk dari pola asuh ini adalah karakter religius, Cinta damai, peduli sosial, disiplin dan kreatif. Manfaat dari penelitian ini adalah supaya menjadi bahan pembelajaran bagi pendidik khususnya pendidik di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U dan menjadi bahan pertimbangan dalam mengasuh dan mendidik santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syauqas Rahmatillah Syauqas
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:18
Last Modified: 31 Aug 2023 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item
View Item