Tradisi Zikir Maulid Ad-Dhiyaul Lami’ Di Dayah Bustanuzzahidin Al-Amiriyah Desa Neusok

Nur Khalishah, 190501003 (2023) Tradisi Zikir Maulid Ad-Dhiyaul Lami’ Di Dayah Bustanuzzahidin Al-Amiriyah Desa Neusok. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Zikir Maulid Ad-Dhiyaul Lami’ Di Dayah Bustanuzzahidin Al-Amiriyah Desa Neusok] Text (Tradisi Zikir Maulid Ad-Dhiyaul Lami’ Di Dayah Bustanuzzahidin Al-Amiriyah Desa Neusok)
REVISI KHALISHAH BISMILLAH (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’ merupakan bacaan zikir maulid baru yang muncul pada beberapa tahun terakhir di Aceh. Sebuah zikir maulid monumental yang berisi tentang kekhususan pribadi Nabi Muhammad SAW. Pengarangnya adalah Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz. Di Aceh Besar, Dayah Bustanuzzahidin Al-Amiriyah termasuk di antara yang pertama mengamalkan zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’ ini. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang keberadaan Dayah Bustanuzzahidin dan Zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’, perkembangan serta pengaruh keberadannya bagi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Dayah Bustanuzzahidin didirikan karena keinginan seorang alumni dari Dayah Ulee Titi untuk membina suatu perkumpulan dan persatuan dari para jama’ahnya, sedangkan keberadaan zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’ di Dayah Bustanuzzahidin di latarbelakangi oleh kehadiran Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan dan rombongannya di Dayah Bustanuzzahidin yang kemudian mengijazahkan bacaan zikir maulid tersebut. Dayah Bustanuzzahidin terus mengalami perkembangan dari segi pembangunan, dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakannya. Kini zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’, menjadi bacaan zikir yang lebih sering dibaca dibandingkan dengan bacaan-bacaan zikir lainnya di Dayah Bustanuzzahidin. Zikir tersebut dikembangkan dan disebar luaskan kepada masyarakat. Tidak hanya dibaca oleh laki-laki, tetapi zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami’ juga dibaca oleh perempuan. Adapun keberadaan Dayah dan zikir maulid Ad-Dhiyaul Lami di Dayah Bustanuzzahidin memberikan banyak pengaruh positif bagi masyarakat, terutama dalam segi agama, sosial, dan budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nur Khalishah Nur
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:24
Last Modified: 01 Sep 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31673

Actions (login required)

View Item
View Item