Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh)

Fanisa Frianda, 201003107 (2023) Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh)] Text (Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh))
8. Full Tesis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan nilai karakter pada anak memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku mereka di masa depan. Meskipun dilakukan program pembentukan karakter melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah, masih terdapat beberapa peserta didik yang belum sepenuhnya memiliki karakter yang baik. Oleh karena itu, implementasi pembelajaran Sirah Nabawiyah diharapkan dapat membantu peserta didik untuk membentuk karakter baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman nilai pendidikan karakter religius anak, yang menjadi faktor pelaksanaan pembelajaran, dan juga bagaimana cara guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kendala melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru Pai, waka sapras, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh telah berhasil berkat berbagai metode dan aktivitas seperti budaya sekolah, shalat berjamaah, tahsin Al-Qur'an, dan Tahfiz Al-Qur'an. Sifat-sifat Rasulullah seperti kejujuran, kepercayaan, menyampaikan, dan kecerdasan telah diintegrasikan dalam pendidikan karakter dan budaya sekolah, memungkinkan pembentukan karakter yang terukur dan mendapatkan respons positif dari siswa terhadap nilai-nilai yang diajarkan. Pendekatan ini membantu SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dalam misinya untuk mencetak generasi yang memiliki integritas moral yang kuat dan siap menghadapi tantangan modern. Namun, dalam perjalanan implementasi, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti materi yang monoton, kurangnya semangat belajar siswa, keterbatasan sumber belajar, tantangan menilai sikap siswa, mengelola shalat berjamaah, serta perbedaan kemampuan dalam tahsin dan tahfiz Al-Qur'an. Solusinya melibatkan upaya diversifikasi materi, pemanfaatan teknologi, peningkatan sarana, dan pengembangan strategi manajemen kelas yang efektif. Dukungan aktif orang tua dan partisipasi siswa juga menjadi faktor kunci dalam mencapai kesuksesan dalam implementasi penanaman nilai karakter melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fanisa Frianda Fanisa
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:19
Last Modified: 01 Sep 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item
View Item