Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Indra jaya

Siti Maryam, 160213091 (2021) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Indra jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk   Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1   Indra jaya] Text (Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Indra jaya)
SITI MARYAM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Disiplin dapat diartikan sebagai suatu hal yang mendorong untuk melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah ada. Individu yang tidak disiplin akan terhambat dalam proses belajar mengajar, ketinggalan informasi dan tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Indra Jaya. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan melalui teknik penyebaran angket yang berbentuk skala likert kepada siswa kelas X-XI SMA Negeri 1 Indra Jaya. Sedangkan data diagnosis dengan menggunakan teknik analisis uji normalitas shapiro wilk untuk mengukur rumusan masalah dan uji T paired samples t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-XI SMA Negeri 1 Indra Jaya berjumlah 16 siswa, sedangkan sampel sebanyak 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling kelompok memiliki signifikansi terhadap kedisiplinan siswa yang ditandai dengan perubahan skor rata- rata pretest sebesar 76,88 menjadi 91,13 pada posttest dan selisih antara keduanya 14,25 artinya, terjadi perubahan pada kedisiplinan siswa setelah diberi perlakuan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulannya, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Maryam Siti
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:15
Last Modified: 01 Sep 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31681

Actions (login required)

View Item
View Item