Metode Hafalan Alquran Di Kolej Islam Teknologi Antarabangsa Pulau Pinang, Malaysia

Nadiatul Asma Binti Mohd Rozee, 190303125 (2023) Metode Hafalan Alquran Di Kolej Islam Teknologi Antarabangsa Pulau Pinang, Malaysia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hafalan Alquran] Text (Hafalan Alquran)
Nadiatul Asma Binti Mohd Rozee, 190303125, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi metode hafalan Alquran bagi mahasiswa di Kolej Islam Teknologi Antarabangsa Pulau Pinang yang disingkat dengan KITAB. Permasalahan mahasiswa di KITAB adalah tidak tamat pengajian tepat waktu. Hipotesis awal bahwa disebabkan oleh metode hafalan Alquran yang beragam digunakan oleh mahasiswa. Permasalahan lain adalah pengaturan waktu yang tidak teratur karena beban mata kuliah lain disamping menghafal Alquran. Di sisi lain, manajemen waktu dalam studi dan menghafal Alquran.
Pada penelitian lapangan ini penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Responden penelitian adalah di kalangan dosen tahfidz Alquran dan mahasiswa di KITAB yang sedang mengikuti penulipengajian tahfidz Alquran. Penulis mengambil sampling secara acak di kalangan mahasiswa di KITAB dan dari dosen secara tidak acak yaitu dipilih secara purposif mengikut kriterianya sebagai pembimbing Alquran yang dekat dengan mahasiswa Alquran.
Hasil penelitian ini adalah metode menghafal Alquran yang diterapkan di Kolej Islam Teknologi Antarabangsa adalah beragam dan setiap mahasiswa tidak dikhususkan untuk menggunakan metode tertentu karena KITAB mengutamakan hafalan Alquran ketimbang metodenya. Kedua, kelebihan dan kekurangan metode hafalan Alquran beragam adalah boleh dipilih oleh mahasiswa menggunakannya. Kesimpulan penulis bahwa penggunaan metode yang beragam menyebabkan tamat kuliah tidak tepat waktu, saran penulisan agar mahasiswa dapat menggunakan satu metode tahfidz saja dan menjaga manajeman waktu serta taat peraturan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nadiatul Asma Binti Mohd Rozee Nadiatul Asma
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:32
Last Modified: 04 Sep 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31686

Actions (login required)

View Item
View Item