Persepsi dan Pemahaman Nasabah Debitur Terhadap Penetapan Jaminan Pembiayaan pada Perbankan Syari`Ah (Studi Kasus pada Bank Aceh Syari’ah Cabang Beurawe)

Teuku Nori Nanda, 121108930 (2014) Persepsi dan Pemahaman Nasabah Debitur Terhadap Penetapan Jaminan Pembiayaan pada Perbankan Syari`Ah (Studi Kasus pada Bank Aceh Syari’ah Cabang Beurawe). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img] Text (Membahas Tentang Nasabah Bank)
1. COVER.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)

Abstract

Penetapan agunan pada pembiayaan di Bank Aceh Syariah sudah sesuai dengan ketetapan Udang-undang perbankan syariah No. 21 Tahun 2008 yang mengharuskan perbankan syariah untuk tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam setiap aktivitas perbankan termasuk pemberian fasilitas pembiayaan kepada nasabahnya. Agunan tersebut sebagai jaminan dari perbuatan hukum nasabahnya untuk memastikan bahwa dana tersebut dikelola dengan benar dan tepat oleh nasabah debitur. Menurut ketentuan fiqih segala bentuk yang mengandung prinsip hutang dibenarkan untuk menggunakan agunan dalam hal ini pemberian fasilitas pembiayaan pada Bank Aceh Syari’ah.
Penelitian ini bersifat gabungan antara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksplanatory, di mana hasil pengolahan data diambil dari kuesioner berdasarkan analisis nilai skala likert, dan wawacara. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa persepsi dan pemahaman nasabah debitur terhadap penetapan agunan pada pembiayaan dikategorikan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata responden menjawab setuju dan sangat setuju. Sedangkan pengaruh penetapan agunan terhadap loyalitas nasabah untuk mengambil pembiayaan di Bank Aceh Syari’ah masuk dalam kategori korelasi cukup. Artinya, pemahaman nasabah debitur terhadap agunan cukup berpengaruh terhadap loyalitasnya untuk mengambil pembiayaan di Bank Aceh Syari’ah. Ini menandakan bahwa persepsi nasabah debitur jelas. Keputusan yang diambil sesuai dengan apa yang dipahaminya. Semakin baik pemahaman nasabah debitur terhadap perbankan syariah, maka semakin bijak pula keputusannya untuk tetap menjaga loyalitasnya di Bank Aceh Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muhammad Maulana, S.Ag., M.Ag 2.Israr Hirdayadi, Lc,. MA
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pemahaman, Bank, Pembiyaan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Teuku Nori Nanda
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:20
Last Modified: 11 Sep 2017 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item
TOP