Dakwah Solidaritas Sosial Di Kalangan Remaja Putri (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Aceh Jaya)

Qamara Tamami, 180401012 (2023) Dakwah Solidaritas Sosial Di Kalangan Remaja Putri (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Aceh Jaya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dakwah Solidaritas Sosial Di Kalangan Remaja Putri (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Aceh Jaya)] Text (Dakwah Solidaritas Sosial Di Kalangan Remaja Putri (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Aceh Jaya))
Tamami, 180401012, FDK, KPI, 082165520139.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dakwah merupakan ajakan kepada manusia untuk menjalankan amal ma’ruf nahi mungkar. Dakwah memiliki banya jenis, satu diantaranya ialah dakwah solidaritas sosial. Dakwah solidaritas sosial merupakan ajakan untuk saling peduli antar sesama anggota maupun individu. Oleh karena itu program dakwah solidaritas sosial yang dilakukan LSM PEKKA Aceh Jaya harus dijalankan. Dalam kehidupan masyakat marginal umumnya perempuan kepala keluarga jarang ikut serta dalam kegiatan kepemerintahan mereka lebih fokus menafkahi keluarganya sehingga kurang bersosialisasi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konteks dakwah solidaritas sosial LSM PEKKA Aceh Jaya serta bagaimana proses dan dampak dakwah solidaritas sosial dikalangan remaja puteri oleh LSM PEKKA Aceh Jaya dan yang terakhir bertujuan untuk mengetahui apakah dakwah solidaritas yang dilakukakan LSM PEKKA telah berdampak kepada masyarakat Aceh Jaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dengan jumlah informan sebanyak 6 orang anggota LSM PEKKA Aceh Jaya dan 5 orang masyarakat Aceh Jaya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konteks dakwah yang dilakukan LSM PEKKA Aceh Jaya dengan metode dakwah bil lisan, yaitu dengan melakukan penyuluhan di masyarakat. Metode selanjutnya yang dilakukan LSM PEKKA Aceh Jaya dengan metode dakwah bil hal dimana metode tersebut berupa beberapa kegiatan dalam masyarakat yang secara tidak langsung berdampak pada perubahan pola fikir remaja puteri Aceh Jaya. Dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan dakwah solidaritas sosial LSM PEKKA Aceh Jaya telah merubah pandangan remaja puteri Aceh Jaya terhadap perempuan kepala keluarga serta membuat perubahan besar tehadapat pembuatan isbat nikah bagi perempuan kepala keluarga dan juga masyarakat yang terdampak dari konflik Aceh dan Tsunami Aceh. Penelitian ini penting untuk diteliti karena untuk mengetahui bagaimana dakwah yang dilakukan LSM PEKKA Aceh Jaya melalui solidaritas sosial di kalangan remaja putri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Solidaritas Sosial, Remaja, LSM PEKKA Aceh Jaya
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qamara Tamami
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:26
Last Modified: 01 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31709

Actions (login required)

View Item
View Item