“Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa (Kompetensi) Dalam Muhadatsah Di Pesantren Inshafuddin”

Sarah Zaitun, 190202051 (2023) “Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa (Kompetensi) Dalam Muhadatsah Di Pesantren Inshafuddin”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of “Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa (Kompetensi) Dalam Muhadatsah Di Pesantren Inshafuddin”] Text (“Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa (Kompetensi) Dalam Muhadatsah Di Pesantren Inshafuddin”)
Sarah Zaitun, 190202051, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan tentang Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kesalahan Bahasa ( Kompetensi) Dalam Muhadatsah. Tujuan mempelajari bahasa asing ( Bahasa Arab) adalah penguasaan terhadap segala unsur kebahasaan dan dapat mempraktikkan bahasa tersebut.Dalam mempelajari bahasa arab terdapat beberapa keterampilan yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu keterampilan yang paling penting tentunya keterampilan berbicara yaitu muhadatsah. Dalam praktiknya masih ada banyak kesalahan bahasa dalam muhadatsah, baik secara fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru dalam memperbaiki kesalahan bahasa ( kompetensi ) dalam muhadasah di pesantren Inshafuddin. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, kemudian data dikumpulkan oleh peneliti dengan cara wawancara dan observasi langsung. Proses analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan bahasa ( kompetensi ) adalah kesulitan dalam menghafal mufradat, terpengaruh oleh bahasa pertama, kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan, kurangnya minat dalam mempelajari bahasa arab dan metode yang kurang efektif. Dan upaya guru dalam memperbaiki kesalahan bahasa adalah memberikan mufradat yang baru, perbaikan bahasa, membuat karangan, memberikan motivasi dan membawa kamus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sarah Zaitun Sarah
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:38
Last Modified: 04 Sep 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31723

Actions (login required)

View Item
View Item