Hubungan Adiksi Smartphone dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie

Siti Fithria Azzahra, 190901017 (2023) Hubungan Adiksi Smartphone dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Adiksi Smartphone, Perilaku Phubbing, Mahasiswa] Text (Adiksi Smartphone, Perilaku Phubbing, Mahasiswa)
Siti Fithria Azzahra, 190901017, FPSI, PSI, 085212404421.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku phubbing merupakan perilaku mengabaikan orang lain karena memfokuskan diri pada smartphone, sehingga mengganggu proses komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing adalah adiksi smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan adiksi smartphone dengan perilaku phubbing pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur dalam penelitian ini disusun oleh peneliti yaitu skala adiksi smartphone berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Kwon, Kim, Cho, dan Yang, serta skala perilaku phubbing berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Karadaǧ, Tosuntaş, Erzen, Duru, Bostan, Şahin, Çulha, dan Babadaǧ. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,733 dengan taraf signifikansi (p) = 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara adiksi smartphone dengan perilaku phubbing pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie. Artinya, semakin tinggi adiksi smartphone maka semakin tinggi pula perilaku phubbing, sebaliknya semakin rendah adiksi smartphone maka semakin rendah pula perilaku phubbing pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Siti Fithria Azzahra Fithria
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:25
Last Modified: 04 Sep 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31726

Actions (login required)

View Item
View Item