Hubungan antara Kematangan Pribadi dengan Kecenderungan Cinderella complex pada Mahasiswi yang Sedang Mengikuti Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry

Evanin Suhaila, 190901020 (2023) Hubungan antara Kematangan Pribadi dengan Kecenderungan Cinderella complex pada Mahasiswi yang Sedang Mengikuti Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Cinderella complex, Kematangan pribadi.] Text (Cinderella complex, Kematangan pribadi.)
Evanin Suhaila,190901020, FPSI, PSI, 081265803039 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Seorang perempuan sejak kecil selalu diajarkan untuk menjadi seorang perempuan yang lembut dan harus dilindungi, sedangkan seorang laki-laki dituntut harus kuatdan mampu melindungi seorang perempuan. Oleh karena itu, perempuan memiliki sifat ketergantungan dan terbiasa mengandalkan kekuatan dari pihak luar untuk membantu mereka, sehingga seorang perempuan takut akan kemandirian. Ketakutan akan kemandirian pada perempuan disebut Cinderella complex. Salah satu faktor yang mempengaruhi Cinderella complex adalah kematangan pribadi. Kematangan pribadi adalah suatu keadaan di mana seseorang mampu mempertanggung jawabkan dirinya sendiri dengan kemampuannya dan meningkatkan potensi yang ada pada dirinya, serta memiliki tujuan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kematangan pribadi dengan kecenderungan Cinderella complex pada mahasiswi yang sedang mengikuti program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 265 orang dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah sebanyak 152 orang. Pengumpulan data menggunakan skala kematangan pribadi sebanyak 55 aitem dan skala Cinderella complex 30 aitem yang disebarkan kepada 265 orang mahasiswi. Berdasarkan hasil korelasi Product Moment dari Pearson diketahui bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan pribadi dengan kecenderungan Cinderella complex pada mahasiswi yang sedang mengikuti program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan nilai koefisien korelasi (r) = -0,732 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (ρ < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara kematangan pribadi dengan kecenderungan Cinderella complex. Semakin tinggi nilai kematangan pribadi, maka semakin rendah nilai kecenderungan Cinderella complex. Semakin rendah nilai kematangan pribadi maka semakin rendah nilai kecenderungan Cinderella complex.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Evanin Suhaila Eva
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:13
Last Modified: 04 Sep 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31757

Actions (login required)

View Item
View Item