Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kota Banda Aceh

Nailul Muna Fahira, 190604002 (2023) Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perkembangan, UMKM, aset, modal, omzet, tenaga kerja] Text (Perkembangan, UMKM, aset, modal, omzet, tenaga kerja)
Nailul Muna Fahira, 190604002, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

UMKM merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan sebagian tumpuan dalam masyarakat dalam memperoleh pendapatan. Penelitian ini lebih dititik beratkan untuk melihat faktor internal (ekonomi) yakni aset, modal, omzet, dan tenaga kerja serta kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan UMKM di kota Banda Aceh serta kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode random sampling dengan total responden sebanyak 20 UMKM, melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan UMKM kota Banda Aceh mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hal ini ditandai dengan peningkatan aset,modal,omzet, dan tenaga kerja, yang masuk ke tangan pelaku UMKM, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM di kota Banda Aceh adalah kendala bahan baku, kendala kenaikan harga bahan baku (sembako) yang menjadi bahan baku utama produksi, kendala pembukuan (akuntansi) dan kendala pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nailul Muna Fahira Muna
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:33
Last Modified: 04 Sep 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item
View Item