Strategi Pengelolaan Perpustakaan Desa yang Ramah Anak (Penelitian di Perpustakaan Gampong Meunasah Mon Cut Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)

Neylul Izzati, 180503118 (2022) Strategi Pengelolaan Perpustakaan Desa yang Ramah Anak (Penelitian di Perpustakaan Gampong Meunasah Mon Cut Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi, Pengelolaan Perpustakaan, Ramah Anak] Text (Strategi, Pengelolaan Perpustakaan, Ramah Anak)
Neylul Izzati, 180503118, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengelolaan Perpustakaan Desa yang Ramah Anak (Penelitian di Perpustakaan Gampong Meunasah Mon Cut Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengelolaan perpustakaan desa yang ramah anak yang berada di perpustakaan desa Meunasah Mon Cut Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan perpustakaan desa yang ramah anak dilakukan dengan proses perencanaan dalam membangun gedung baru dan memperluas ruangan, pelaksanaan kegiatan kesenian, keterampilan, pendidikan dan kesehatan seperti membaca cepat, belajar tarian tradisional, membuat handsanitizer, dan belajar komputer yang diawasi oleh kepala desa, masyarakat sekitar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten serta Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Proses kegiatan ini selalu dilaporkan setiap tiga bulan sekali sekaligus dengan laporan keuangan perpustakaan, dan anggaran untuk melaksanakan kegiatan ini dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) secara rutin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Neylul Izzati Neylul
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:30
Last Modified: 13 Sep 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31764

Actions (login required)

View Item
View Item