Praktik Ganti Rugi Pada Rental Mobil Dalam Akad Ijarah (Studi terhadap CV. Sultan Rent Car Kota Banda Aceh)

Alma Putri A, 170102191 (2023) Praktik Ganti Rugi Pada Rental Mobil Dalam Akad Ijarah (Studi terhadap CV. Sultan Rent Car Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ganti Rugi, Rental Mobil, Akad Ijarah, Syarat dan Rukun Ijarah] Text (Ganti Rugi, Rental Mobil, Akad Ijarah, Syarat dan Rukun Ijarah)
Alma Putri A, 170102191, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan rental mobil banyak memberi kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan manfaat dari modal transportasi mobil. Cukup dengan membayar uang sewa masyarakat dapat memilih unit mobil yang ingin digunakan. Namun banyak rental yang belum memenuhi syarat dalam akad ijarah sehingga ada penyewa yang merasa dirugikan, atas dasar inilah penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana praktik ganti rugi di CV. Sultan Rent Car dengan akad ijarah sebagai usaha sewa menyewakan mobil yang berada di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosio- yuridis dan bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data primer diperoleh di lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan ganti rugi menurut penanggung jawab, perbedaan ganti rugi menurut penanggung jawab setelah rental dimaksud jika sewa dengan sistem lepas kunci maka penyewa akan bertanggung jawab dengan membayar uang klaim asuransi sebesar Rp 300.000, dan jika menggunakan sistem all in yang menyewa mobil dan sopir maka sopirlah yang akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian tersebut. Dari segi akad ijarah dalam praktik sewa mobil ini telah sesuai dengan ketentuan syarat karena telah memenuhi syarat akad ijarah seperti kontrak perjanjian akad dilaksanakan dengan cara tertulis maupun lisan sebagai tanda adanya persetujuan antara pelaku akad sebagai bukti adanya kesepakatan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alma Putri A Alma
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:59
Last Modified: 04 Sep 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31765

Actions (login required)

View Item
View Item