Pendidikan Keislaman Di Kalangan Minoritas Muslim Bali

Ismail Muhammad, 2011046701 (2023) Pendidikan Keislaman Di Kalangan Minoritas Muslim Bali. In: Pendidikan Keislaman Di Kalangan Minoritas Muslim Bali. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Keislaman Di Kalangan Minoritas Muslim Bali] Text (Pendidikan Keislaman Di Kalangan Minoritas Muslim Bali)
LP_PTKSN_2020-Ismail Muhammad.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penganut Islam di Bali adalah kaum minoritas dan berada dalam sistem nilai yang berbeda dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Realitas ini mendorong peneliti untuk menelaah tentang pendidikan keislaman informal dan non formal di kalangan Muslim Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan pendekatan phenomenologik. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pendidikan Islam Informal dilaksanakan dengan beberapa pola yaitu: (a) Memperkuat ketahanan keluarga dengan spirit Islam, (b) Mengingatkan anak untuk hidup sesuai dengan ajaran Islam, namun tetap mengedepankan toleransi, (c) Mengantarkan anak untuk belajar agama Islam di RA dan pengajian (TPA), dan (d) Mengutamakan pendidikan formal anak di sekolah Islam (madrasah). (2) Pendidikan Islam non-formal dilaksanakan dengan: (a) Memperkuat peran dan posisi tempat ibadah (Masjid dan Musalla), (b) Pengajian mingguan dari rumah ke rumah, (c) Majlis ta’lim kaum ibu-ibu dalam bentuk arisan, dan (d) Penyuluhan agama Islam oleh penyuluh KUA. (3) Penganut Islam di Bali menghadapi beberapa situasi yang dalam waktu tertentu dapat menjadi persoalan serius dan keluar dari siatuasi nyaman, yaitu: (a) Ancaman dari lahirnya RUU Bali, (b) Kesulitan mendapat izin untuk pembangunan tempat ibadah baru, (c) Adanya penolakan terhadap kegiatan dan simbol Islam, (d) Problematika muallaf dan pembinaanya, (e) Sebagian orang Islam di Bali berprilaku tidak Islami, (f) dan ancaman kelompok Islam Radikal.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:38
Last Modified: 07 Nov 2023 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31773

Actions (login required)

View Item
View Item