Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN

Hayati, 2002026804 (2023) Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN. In: Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN] Text (Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN)
LP_PTKSN_2020-Hayati.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berorientasi Learning Outcome pada PTKIN. Pendidikan sampai saat ini dianggap sebagai unsur utama oleh karena itu maka kualitas kurikulum dan dosen harus selalu di tingkatkan, sehingga dapat menghasilkan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan dalam berbagai bidang dan sektor. Akhir-akhir ini banyak yang menyoroti bahwa pendidikan Islam belum memenuhi harapan yang diinginkan, oleh karena itu PTKIN harus memiliki tawaran yang berbeda untuk memperoleh pendidikan Islam yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan model paradigma Naturalistik, sosial fenomenologis dan humanisme. Subjek dalam penelitian ini adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan data dianalisis secara berulang-ulang (cyclical) dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem dan konsep kurikulum pendidikan tinggi pada PTKIN Indonesia dilihat sebagai sebuah proses akan memiliki empat tahapan pokok, yaitu: (1) masukan, (2) proses, (3) luaran, dan (4) hasil ikutan (outcome). Strategi peningkatan mutu pendidikan PTKIN berbasis kurikulum berorientasi learning outcome dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen yang fleksibel dan dinamis dengan memberlakukan konsep siklus PDCA (plan-do-check-act), yang terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan rencana, pemeriksaan hasil pelaksanaan rencana, dan tindakan korektif terhadap hasil yang diperoleh.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:38
Last Modified: 07 Nov 2023 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item
View Item