Penataan Desa Wisata Kampung Nelayan Di Ujong Pancu Aceh Besar

Eka Amalia Utari, 150701044 (2023) Penataan Desa Wisata Kampung Nelayan Di Ujong Pancu Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Penataan Desa Wisata Kampung Nelayan Di Ujong Pancu Aceh Besar] Text (Penataan Desa Wisata Kampung Nelayan Di Ujong Pancu Aceh Besar)
Eka Amalia Utari, 150701044, FST, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki sumber daya alam kelautan yang berlimpah, dengan pemanfaatan secara optimal dan bijak akan menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan baik bagi masyarakat sekitar maupun daerah setempat. Khususnya Aceh yang mayoritasnya adalah kawasan pesisir pantai. Untuk itu infrastruktur dan penataan terkait kelautan sepanjang pantai dan pelabuhan merupakan hal yang harus diperhatikan dan dikembangkan salah satunya melalui pariwisata yang juga merupakan salah satu cara meningkatkan perekonomian serta pembangunan suatu daerah. Desa Ujong Pancu merupakan salah satu desa di kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Desa ini dikelilingi oleh laut sehingga memiliki keindahan alam yang menakjubkan, selain alam yang indah kawasan ini juga memiliki potensi besar dibidang perikanan. Sayangnya potensi yang ada belum dilirik oleh masyarakat sekitar, maka muncullah sebuah rancangan “Penataan Desa Wisata Kampung Nelayan di Ujong Pancu” menggunakan konsep yang ramah terhadap lingkungan sebagai peyeimbang keselarasan antara bangunan dan lingkungan sekitar. Perancangan ini juga diharapkan dapat menambah pendapatan perekonomian masyarakat desa yang mayoritasnya bekerja sebagai nelayan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Eka Amalia Utari
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:33
Last Modified: 04 Sep 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item
View Item